[TV Series Review] Emerald City: Sihir dari Kota Zamrud


Dulu saya sering tidak sengaja menonton serial tv semacam Game of Thrones, Vikings, atau supernatural ketika nyalain tv kabel. Kalau pas scene nya bagus, saya tonton. Tapi kalau udah nggak jelas (karena nggak nonton dari awal) ya bosan begitu saja. Sekarang, untuk pertama kalinya saya tertarik menonton TV series. Terimakasih kepada provider internet yang memberi akses gratis iflix selama sebulan, jadi saya bisa streaming sepuasnya. 

Serial yang sedang saya tonton adalah serial asal Amerika berjudul Emerald City. Kalau kalian pecinta bacaan klasik dan familiar dengan wizard of Oz atau Oz book series karya L. Frank Baum, kalian pasti sadar bahwa Emerald City adalah kota di Land of Oz. Hal itu karena serial ini diadaptasi dari buku tersebut. Maka jangan heran ada nama Dorothy sebagai tokoh utamanya. Juga Penyihir agung Oz, anjing Toto, dan beberapa bagian ceritanya.

Tapi saya yakin banyak penggemar wizard of oz yang akan kecewa ketika menonton serial ini. Bukan kisah anak-anak, Emerald city adalah serial petualangan dan fantasi dewasa dengan setting cenderung 'dark'. 

Dorothy dalam serial Emerald City adalah seorang perawat di rumah sakit Kansas. Pada ulang tahunnya yang ke-20, Dorothy mengetahui siapa sebenarnya Ibu kandungnya. Saat menemui ibu kandungnya, ia mendapati sang ibu terluka. Ia pun berniat mencari bantuan karena mendengar suara sirine. Tiba-tiba Dorothy melihat tornado dan segera masuk kedalam mobil polisi. Tornado itu menyeret Dorothy yang membawanya ke Land Oz. 

Dorothy melewati berbagai petualangan bersama anjing polisi yang dinamai Toto. Dimulai dengan ketidaksengajaannya membunuh penyihir timur, bertemu dengan penduduk desa tibal, pertemuannya dengan Lucas si laki-laki yang lupa ingatan, dan petualangan lainnya sampai dia tiba di Emerald City untuk bertemu dengan penyihir Oz.

Yang saya suka dari Emerald City adalah bagian-bagian cerita lain seperti kisah Tip dan Jack. Saya masih penasaran siapa dan bagaimana dulu Tip bisa ditemukan lalu diasuh oleh seorang wanita paruh baya yang mengerti ilmu sihir. Saya juga suka kisah para penyihir mata angin. Rahasia penyihir Oz, dan kisah kerajaan Ev, dan karakter penyihir barat yang nyentrik.

Ada juga bagian 'Science vs Magic' yang menceritakan bagaimana kerajaan Ev sangat handal dalam kemajuan teknologinya ketika di berbagai wilayah Land Oz dikuasai oleh ilmu sihir. Kita juga bisa melihat bagaimana penyihir Oz tidak menyukai sihir. Dia mengatakan "It's science, not magic" dan percaya bahwa sains bisa lebih unggul dibanding ilmu sihir. 

Kedatangan Dorothy ke Emerald City juga menyadarkan penyihir Oz bahwa ancaman sihir oleh penyihir utara dan ibu penyihir dapat ditaklukan dengan bantuan benda yang dibawa oleh Dorothy, yakni pistol. Lalu bagaimana peluru bisa menyelamatkan Emerald City nantinya? Serial ini masih tayang dan baru memasuki episode 7 dari 10 episode yang direncanakan.

Meski terkesan beralur cepat, sebagai penikmat cerita fantasi saya cukup menikmati serial Emerald City. Karakter Dorothy memang layaknya karakter utama yang cenderung gegabah dan sangat mementingkan keselamatan orang lain. Disisi lain, saya suka Dorothy yang pemberani.









Share:

0 komentar

Any Comment?