Berbagai Fakta Menarik Perayaan Halloween di Australia



Penyebaran American Pop Culture bisa dilihat dari bagaimana perayaan Halloween menjadi populer beberapa tahun kebelakang di beberapa negara yang ... uhm ... sebenarnya tidak memiliki tradisi Hallows' eve. Seperti misalnya Korea dan Australia. Bahkan, di Indonesia sendiri ada beberapa toko yang mulai menjual aksesoris halloween.

Di Australia, meski tidak semua orang merayakan halloween namun rata-rata anak usia 5-15 tahun akan berdandan seram, memakai atribut bernuansa halloween, dan berkeliling mengetuk setiap rumah sambil berteriak 'Trick or Treat'.

Lalu seberapa menarikkah perayaan halloween di Australia?

1. Halloween dirayakan Saat Musim Semi

Meski serentak dirayakan pada 31 Oktober, perayaan halloween di Australia tidaklah saat fall season, atau musim gugur. Tidak ada daun maple, dedaunan yang kering berguguran, dan juga orange vibes. Halloween dirayakan saat musim semi, and its not common to find jack-o'-lanterns.

2. Tidak Semua Orang Merayakan Halloween di Australia

Kristelle bilang dia tidak merayakan halloween. 'Even no one knock my house door in Halloween' she said. My Aussie dad, mom, and Maddy juga tidak begitu tertarik dengan perayaan Halloween. Saat sedang sibuk mendandani Ash, mereka bilang Halloween hanya untuk anak-anak bersenang-senang.



3. Berbagai perusahaan lolly atau candy dan Supermarket memberikan penawaran menarik untuk produk mereka

Dad juga bilang kalau Halloween di Australia ini hanya sebagai ajang marketing strategy beberapa perusahaan cokelat seperti Cadburry dan Mars. Perayaan seperti Halloween jadi semacam ajang buat para produsen cokelat menggaet konsumen. Percayalah di supermarket macam Woolworths atau Coles harga cokelat seperti cadbury share-packs all variant 180g isi 10-15 pcs cuma dihargai $2 - $2.5 atau kurang dari Rp 25k. 

Selain perusahaan cokelat, beberapa supermarket dan store juga mengadakan event menarik seperti: Finding something, looking for sticker, etc. Tentu saja dengan tema Halloween dan mereka akan memberikan hadiah bagi yang ikut berpartisipasi di kegiatan tersebut. Sounds fun ya. Tapi siapa sih yang mau menghabiskan waktu untuk berkeliling kota sambil mencari-cari stiker?

4. Cokelat Lebih Populer daripada Permen

Jika Halloween identik dengan permen atau candy, di Australia lebih populer cokelat. Varian cokelat juga jauh lebih banyak. Walau tetap saja didominasi oleh merek Cadburry dan Mars.

5.Anak-anak berkeliling saat matahari masih bersinar

Karena dirayakan di bulan Oktober saat musim semi dimana matahari bersinar lebih lama, trick or treaters berkeliling saat matahari masih bersinar cerah. Di bulan Oktober matahari akan bersinar dari pukul 6 sampai dengan 8/9 malam. So, nggak heran jika anak-anak keluar jam 6 atau 7 malam untuk berkeliling mencari candies, maka saat itu matahari masih bersinar cerah. I think thats why they don't need jack-o'-lanterns 😁


 #Australia #Halloween #Perayaan

Share:

0 komentar

Any Comment?