Apasih yang Sebenarnya Kita Butuhkan Supaya Bisa Terus Menulis?




Pertama-tama, saya berterimakasih pada kalian yang masih setia mengintip Elya Blogmesh atau berkali-kali nyasar kemari selama tujuh tahun ini. Well, blog ini ternyata udah siap masuk sekolah dasar! 😂

Dalam kurun waktu tujuh tahun, saya nggak sekonsisten itu untuk terus menulis konten. Pada awalnya, saya yang labil masih sering menuliskan banyak hal berbau Korea. Saat itu saya menulis secara spontan. Rasanya energi untuk menulis jauh lebih menggebu-gebu dibanding beberapa tahun belakangan ketika merasa sudah nggak tau lagi mau dibawa kemana blog ini. 

Menurut saya, ada beberapa hal yang dibutuhkan supaya bisa terus konsisten menulis.

Pertama,
Menulis butuh waktu, gais. Waktu yang kita butuhkan untuk menulis disini menurut saya terbagi menjadi tiga. Pertama, waktu untuk mengumpulkan informasi dengan banyak membaca. Kedua, menuliskan ide-ide kita dengan bahasa sendiri yang enak untuk dibaca. Ketiga, melakukan trustworthiness dengan mereview ulang tulisan.

Tulisan yang baik menurut saya adalah tulisan yang mampu memberikan informasi baru, memberikan informasi yang benar, menginspirasi, dan memberikan sudut pandang lain bagi pembacanya. Karena itu sebisa mungkin setiap kali saya akan membuat sebuah tulisan baru, saya akan membaca beberapa tulisan dan mencari informasi pendukung. Istilahnya biar nggak asal nulis.

Saya mengambil contoh ketika saya ingin menulis tentang review. Review apapun itu. Ketika menulis review, tentu kita harus mengambil waktu untuk membaca, mencoba, menonton, atau mendengar apa yang akan kita review. Kemudian mengingat-ingat poin penting dan apa yang paling membekas. Lalu menuliskannya dengan baik untuk menghindari plagiarisme, dan memastikan tidak ada informasi yang salah. 'Waktu' yang dibutuhkan juga bisa nambah jadi empat kalau tulisannya, misal di blog, butuh ilustrasi atau media yang kudu diedit dulu sana-sini 😵.

Kedua,
Selain itu, menulis butuh ide. Ide bisa muncul dari mana dan kapan saja. Paling gampang memang yang paling dekat. Yakni diri sendiri. Menuliskan cerita sehari-hari nggak kan pernah basi, percayalah. Kemudian menonton TV atau Film, mendengarkan lagu, jalan-jalan, juga bisa jadi sumber ide.

Ketiga,
Menulis itu juga sebenarnya mudah. Mudah karena pada dasarnya kita sebagai manusia sudah diajarkan menulis sedari kecil. Kalau sudah punya ide dan punya waktu luang untuk menulis, lalu yang bisa jadi masalah adalah mungkin kita tidak bisa secara kontinyu mampu menuliskan ide-ide di kepala secara gamblang. Apalagi kalau moodnya sudah hilang lalu timbul rasa bosan. Ini jadi semacam kutukan bagi para penulis manapun 😢. Ya, faktor internal yang kita butuhkan supaya bisa terus menulis adalah mood! Saya nggak punya tips khusus bagaimana cara ampuh mengembalikan mood menulis. Pertama, karena saya punya mood yang datang dan pergi begitu saja. Kedua, saya bukan penulis pro 😄. Kalau saya pribadi, yang saya lakukan untuk mendapatkan kembali  mood menulis adalah dengan blogwalking ke blog orang lain atau membaca tulisan-tulisan dari sumber manapun itu. Entah kenapa cara ini memotivasi untuk mencoba menulis tulisan yang nggak kalah bagusnya. 

Nah, dari ketiga hal diatas bisa dilihat kan kenapa banyak orang yang nggak bisa secara kontinyu-terus menerus- menulis? Hal ini nggak cuma berlaku buat yang suka nulis blog atau buku, tapi juga bagi mereka yang sedang berjuang menulis skripsi sampai rampung. Percayalah, menulis skripsi itu nggak bisa sehari semalam kelar. Bahkan bisa jadi nggak bisa dalam satu semester udah langsung bisa sidang. 

Next post, saya bakal share tentang suka duka nya nulis skripsi supaya bibit-bibit pertanyaan semacam 'Udah Bab berapa?' atau 'Kapan sidang skripsi' jadi tumbuh langka 😣.

Xx

Share:

2 comments

  1. Holla Miss Elya, salam kenal
    Selama ini aku jadi salah satu dari sekian banyak silent reader yang numpang baca dan curi informasi di blog ini. Meski dulu aku nyasar kesini gara-gara ulasan kamu tentang Kpop (especially BEAST, EXO and BTS), tapi akhirnya aku jadi sering intip blog kamu dan nungguin postingan tentang apapun itu.
    Keep writing ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Unchhh, terharu baca komennya sis Lyn. Terimakasih banyak ya, semoga bisa memberikan banyak inspirasi :*

      Delete

Any Comment?