Alasan Kenapa Harus Liburan ke Malang




Sekali seumur hidup, saya sarankan kalian pergi berlibur ke Malang. Kenapa? karena Indonesia tidak hanya punya Yogyakarta, Lombok, Bali, atau  Karimun jawa. Indonesia juga punya Malang, kota Apel yang membuat siapa saja jatuh cinta dan betah tinggal lama disana.

Malang masuk dalam kota wajib untuk dikunjungi versi saya. Ketika ada kesempatan untuk ikut konferensi disana akhir tahun lalu, I was really super excited dan langsung buru-buru mengabari beberapa kenalan saya yang ada di Malang.

Bersama dengan Nini, saya melakukan perjalanan selama tiga hari ke kota Malang. Itu adalah kunjungan pertama kali dan saya langsung jatuh cinta. Banyak alasan kenapa saya jatuh cinta pada kota Malang. Alasan berikut mungkin bisa jadi pertimbangan destinasi liburan kalian selanjutnya.

Malang Punya Banyak Angkutan Umum

Satu hal yang paling saya sukai ketika berada di Malang adalah kota ini jarang banget macet! Ini beda dengan Jogja yang sekarang sudah macet dimana-mana. Entah karena turis makin banyak atau mahasiswa yang semakin tahun makin bertambah, dan bawa kendaraan dari kampung masing-masing. 

Di Malang, jumlah angkutan umum lumayan banyak. Ada becak, ojek, angkot, taksi, bus dan lainnya. Nggak cuma banyak, angkutan umum Malang ini murah dan jangkauannya luas. Terutama angkot dan bus, tarifnya dipukul rata jauh dekat sekitar Rp 4.000. Selain itu, ada juga penyewaan kendaraan seperti motor ataupun mobil. Harganya relatif terjangkau sih, sehari Rp 50.000.

Masyarakat kota Malang yang Super Ramah

Ini sebenarnya tergantung pengalaman pribadi sih ya. Tapi selama beberapa hari saya di Malang, hampir semua orang yang saya temui di kota Malang ini super duper ramah dan bersahabat. Mulai dari petugas stasiun, penjaga hotel, resepsionis hotel, tukang jualan empol, tukang angkot, masyarakat umum, pekerja di tempat wisata, semuanya ramah. Selama disana entah kenapa merasa aman dan terlindungi. Walau tetap harus berhati-hati dan waspada.

Tempat Wisata dan Tempat Umum-nya
Malang punya aneka tempat wisata. Mulai dari wisata batu Malang, Jatim Park, museum angkut, museum sejarah, batu night, kebun binatang, kebun buah, rumah pohon, air terjun, labirin, hutan pinus, taman bunga, wisata petik apel atau stroberi, dan banyak lagi. Selain itu, akses informasi tempat wisatanya juga gampang. Beberapa tempat wisata memberikan informasi melalui website resmi mereka di http://www.jawatimurpark.com/id/

Jika punya budget lebih, kalian bisa memanfaatkan paket wisata Malang dan sampai ke Bromo karena jaraknya yang tidak terlalu jauh. Selain harganya yang terjangkau, paket wisata juga menawarkan panduan bagi turis. Jadi nggak usah repot-repot lagi ngatur ini itu.  

Yang menarik lagi dari kota Malang adalah pemerintah yang menyediakan tempat umum layak bagi masyarakatnya. Contohnya adalah alun-alun kota yang sangat bersih dan tertata rapi. Banyak keluarga, rombongan teman, dan pasangan yang menghabiskan sore hari mereka di alun-alun. Anak-anak juga disediakan taman bermain. 

Di seberang alun-alun ada masjid agung yang sangat bersih. Masjid Agung Jami Malang menyediakan fasilitas mandi, fasilitas menyusui, penitipan barang, dan peminjaman mukenah. Untuk penitipan barang dan peminjaman mukenah dilayani di depan masjid oleh seorang ibu paruh baya. Jadi lebih teratur gitu. Kalau sudah selesai shalat, bisa langsung memberikan infak suka rela di kotak infak yang disediakan.

Kota Malang Bersih dan Sejuk

Walau lama tinggal di kaki gunung dan terbiasa dengan hawa yang sejuk, berkunjung ke Malang membuat saya senang karena nggak cuma sejuk tapi kotanya juga bersih. Malang jadi salah satu kota di Asia Tenggara yang udaranya bersih. Efek nggak banyak kendaraan kayaknya.

Harga Makanan di Kota Malang Terjangkau

Harga makanan di Kota Malang lumayan terjangkau. Nggak beda jauh dengan Jogja. Setidaknya dengan uang 10.000 kalian sudah bisa makan enak plus minum. Jenis makannannya juga variatif. Apalagi di Malang berhamburan kafe-kafe hits tempat nongkrongnya mahasiwa Malang.

Di Malang Banyak Sempol 

Percaya atau enggak, saya masih belum bisa move on dari enaknya jajanan pinggir jalan kota Malang yang satu ini. Sempol banyak di jual di tempat-tempat umum, tempat wisata, dan sekitar perumahan. Pertama kali nyobain empol itu waktu hujan-hujan. Karena takut rasanya nggak enak, akhirnya saya cuma beli dua tusuk. But I regretted my choice. Ternyata empol enak banget 😬😬.

Atmosfer Aremania Kental Sekali

Kalian pecinta sepak bola nasional, atau kalian seorang Aremania? kalau begitu kalian emang kudu datang ke kota Malang markasnya tim Arema. Di sudut-sudut kota dan pinggir jalan bakal kalian temukan toko-toko penjual atribut pendukung kesebelasan tim singo edan. Lengkap banget dan menggiurkan.

Share:

1 comments

Any Comment?