Festival Layang-layang Internasional dan Pantai Parangkusumo



Siapa yang tidak kenal pantai parangtritis? Pantai Selatan yang namanya melegenda seantero nusantara ini jadi salah satu tujuan utama para turis lokal maupun asing yang berkunjung ke kota Jogjakarta. Namun, parangtritis bukanlah satu-satunya pantai selatan. Masih ada pantai lain yang bersebelahan dengan parangtritis, salah satunya pantai parangkusumo. Pantai parangkusumo rupanya juga disebut sebagai pantai sakral. Pada waktu tertentu pengunjung bisa melihat upacara atau prosesi labuhan, biasanya bertepatan dengan peringatan kelahiran sultan yang berkuasa. Dan orang-orang banyak yang bermalam di pantai ini untuk tujuan tertentu. Lebih lengkapnya baca ceritanya disini.

Letak pantai parangkusumo adalah di sebelah barat pantai parangtritis. Jadi, kurang lebih keadaan dan pemandangan keduanya mirip. Seperti fasilitas yang ada disana: tempat penginapan, parkir kendaran, penjual oleh-oleh, warung makan, juga toilet yang berjejer sepanjang pantai. Para turis juga bisa menyewa kereta kuda untuk berkeliling menikmati suasana pantai dan hempasan ombak besar dengan tarif 20K. Selain itu, jika beruntung bisa melihat event yang diselenggarakan di parangkusumo salah satunya festival layang-layang internasional.



Festival layang-layang internasional dengan nama "Parangkusumo International Dragon Kite festival" ini diadakan pada bulan Juni 2013 lalu di pantai parangkusumo. Kebetulan waktu itu saya bersama papa dan abim (adik saya) sedang berlibur kesana. Jadilah kami menyaksikan festival yang menampilkan puluhan layang-layang yang menghiasi langit dengan tema naga tersebut. Karena temanya naga, layang-layangnya pun berbentuk naga, designnya cantik, memanjang dan berat. Hal ini terlihat dari betapa susahnya para penerbang layang-layang mencoba menerbangkan layangan mereka ke udara. Sampai perlu dilakukan oleh beberapa orang. Yang paling penting, jangan deket-deket sama layangannya.  Soalnya bisa ketabrak dan Oomnya galak! HeHe.

Selain layang-layang, ada juga puluhan pelukis yang melukis dengan tema naga. Jadi ada banyak sekali lukisan naga sedemikian rupa. Mulai dari naga cinta sampai naga dengan bapak presiden kita. Tergantung kreativitas mereka, dan semuanya menarik dalam memeriahkan festival yang memperingati sepuluh tahun museum layang-layang Indonesia tersebut.


Bagi saya, Jogja selalu memberikan ceritanya sendiri. Termasuk pengalaman di pantai parangkusumo ini. Belum pernah kesana? Cobalah :)

Share:

1 comments

  1. keren temanya naga, kalo di kotaku festival layang layang kediri seperti ini, keren banget https://www.youtube.com/watch?v=g5swHL9fRbI

    ReplyDelete

Any Comment?