[Book Review] Pencarian 99 Cahaya di Langit Eropa


"Suatu saat kau akan banyak belajar 
bagaimana bersikap di negeri 
tempat kau harus menjadi minoritas"


Itulah salah satu kutipan dari buku 99 cahaya di langit eropa yang baru-baru ini selesai saya baca. Dan saya tidak akan menceritakan secara detail apa yang ada di buku ini sekarang :)

Ehmm, membaca buku ini membuat saya semakin tertarik untuk mengunjungi benua Eropa. Mbak Hanum, menceritakan perjalanannya menelusuri jejak-jejak Islam di benua Eropa dengan sangat Apik, dibubuhi sentuhan-sentuhan emosional pada beberapa bagian novel ini yang membuat saya merasa seperti 'ikut' bersamanya.

Dan dari beberapa negara yang dikunjungi Mbak Hanum dan Mas Rangga, saya paling tertarik mengikuti kisah mereka di Cordoba dan Granada, Spanyol. Mungkin efek karena saya mengidolakan tim La furia roja :)

Sebagai seorang muslim, membaca bagian demi bagian buku ini membuat saya merasa tertohok.

Ternyata banyak yang belum saya ketahui. Peninggalan-peninggalan dengan sentuhan Islam yang menggambarkan bagaimana dulu Islam berjaya di Eropa. Dan bagaimana saya melihat kepada diri saya yang hanya memandang Eropa dengan glamour. Memandang Eropa hanya karena eiffel atau liga sepak bolanya. Padahal ada hal 'lebih' disana.

Hal 'lebih' itu yang membuat saya terkagum-kagum dan berWow ria ketika membaca buku ini. Atau kadang mata saya sampai berkaca-kaca penuh haru.

Pada akhirnya, seperti buku-buku lain yang saya baca. Selalu ada nilai-nilai lebih yang saya dapatkan dari sana. Mengesankan !


Share:

0 komentar

Any Comment?