Kafe & Resto Favorit di Jogja yang Asik Buat Ngerjain Tugas


Satu hal yang paling sulit ditemukan di Batam adalah 'Academic Vibes' alias suasana belajar khas Jogja. 

Sebagai kota industri, Batam penuh sesak di jam berangkat dan pulang kerja. Dibanding mahasiswa atau pelajar, kota ini penuh dengan pekerja, karyawan kantoran, dan buruh. Kafe atau resto cenderung sepi. Kalaupun ramai, ya itu karena tempatnya masih baru, masih hits. Setelah itu kembali menjadi biasa-biasa saja. Jangan harap juga melihat sekerumunan orang yang sedang belajar atau berdiskusi. Langka deh. Orang-orang di Batam sudah lelah seharian ditekan target kerja. Sudah tidak punya waktu lagi untuk kongkow. Mahasiswanya juga begitu. Rata-rata adalah anak lokal rumahan yang kalau lapar tinggal pulang kerumah. Lagian daripada menghamburkan uang lebih baik masak di rumah lebih hemat. Saya percaya itu prinsip kebanyakan warga Batam. 

Yogyakarta, di sisi lain, sebagai kota pelajar menyuguhkan suasana belajar dengan kekayaan budaya di setiap sudut kotanya. Kita dapat dengan mudah menemukan mahasiswa atau pelajar yang sedang berdiskusi dan mengerjakan tugas dengan serius di depan laptopnya. Di kota ini, toko buku selalu ramai dengan koleksi buku yang jauh lebih lengkap dan up to date.  Banyak event seperti education fair, bazar buku, pameran budaya, seminar, bedah buku dan lain sebagainya yang seru untuk diikuti.

Ketika bosan di kosan, kafe dan resto yang jumlahnya banyak sekali menjadi pilihan untuk merefresh otak. Mengerjakan tugas sembari mengobrol dengan teman-teman adalah salah satu cara ampuh mempertahankan mood untuk menyelesaikan tugas-tugas. Back to the time, ada beberapa kafe dan resto favorit saya ketika di Jogja yang paling sering saya kunjungi untuk mengerjakan tugas. 

1. Cha Cha Milk Tea
Ini favorit saya dan paling sering saya kunjungi. Saya memilih menghabiskan waktu di outletnya yang ada di jl. Lempongsari karena suasananya jauh lebih kondusif. Tempatnya juga lebih luas dengan pilihan seat smoking maupun nonsmokng area. 

Rata-rata mereka yang berkunjung kemari adalah mereka yang juga sedang mengerjakan tugas atau sedang rapat. Ribut-ributnya juga biasanya soal kampus, tugas kuliah. Jadi kalau mau belajar ataupun mengerjakan tugas disini akan terasa sekali academic vibes nya. 

Cha Cha Milk Tea favorit saya adalah yang berlokasi di Jl. Lempongsari No 7 Sleman, Yogyakarta. Jaraknya memang cukup jauh. Sedikit masuk ke gang-gang. Tapi tenang, outletnya mudah ditemukan karena ada tepat di pinggir jalan dengan area parkir yang cukup luas dan tidak perlu bayar parkir. Tapi nggak tau ya kalau sekarang 😀

Untuk menu, cha cha milk tea hampir tidak menyediakan menu berat. Jadi, jangan kemari sewaktu lapar. Menu yang ditawarkan adalah berbagai varian milk tea dengan aneka topping yang bisa kita pilih. Juga ada cemilan ringan seperti nugget, sosis bakar, roti, pisang keju dan fried fries. 

Di Cha cha milk tea, kita akan membuat pesanan terlebih dahulu. Lalu membayar di kasir. Untuk minuman akan langsung siap, sedangkan untuk makanan kita harus menunggu. 


Lokasi                       : Jl. Lempongsari No 7 Sleman, Yogyakarta
Menu favorit saya     : Green milk tea with Topping Popping Boba ; Fried fries
Rekomendasi menu  : Rata-rata semua enak. Apalagi Taro dan Huzelnut. 
Budget                      : Rp 15.000  (minum aja),- s/d 40.000,-
Tempat duduk favorit : Outdoor sisi kiri dari pintu masuk
Rata-rata menghabiskan waktu disini: 2 - 5 jam (tergantung yang dikerjain)
Fasilitas                     : (1) WIFI. Full dan kencang. (2) TV 
Tips                            : Jangan kemari sendirian. Bawa colokan.

2. Lumer

Cafe satu ini baru launching kalau tidak salah tahun 2015. Lumer adalah cafe yang menjual menu berat dengan style western maupun eastern. Sebagai anak kosan yang perlu berhemat tapi tetep pengen makan enak, maka Lumer paling wajib dikunjungi. Dijamin, hampir semua menu yang disediakan lumer enak banget dengan harga belasan ribu. Lebih murah dan lebih enak daripada nasi padang Batam :(

Nama-nama menu di lumer tergolong unik. Jadi kalau bingung mau pesan apa, boleh kok panggil waitress nya untuk minta dijelaskan. Bahkan kadang mereka juga menyarankan beberapa menu. 

Untuk mendapatkan academic vibes, harus pintar-pintar cari jam dan lokasi duduknya. Karena nggak semua support charger. Walau begitu, rata-rata yang datang kesini juga biasanya karena mau belajar atau rapat-rapat gitu.

Lokasi                     : Jl. Kaliurang km. 8.5, sebrang kang cepot. Sebelah kiri tepat sebelum lampu merah kalau dari arah merapi

Menu favorit saya            : 
A fettucini Bohai (Carbonara)/bikini ; Chicken Katsu Bowl ; Chicken snitz ; Bubble Green Tea 

Rekomendasi menu  : Ramennya enak
Budget                      : 23k - 40k
Tempat duduk favorit : Area dalam, dengan pintu masuk sebelah kasir/pantry
Rata-rata menghabiskan waktu disini: 2 - 2.5 jam
Fasilitas                     : WIFI Full, Toilet, Mushola
Tips                            

3. The Waroeng of Raminten
Kalau yang satu ini sih favorite all the time. Selain suasananya yang 'njawani', saya suka tempat duduk lesehannya raminten dan juga menunya. Tapi jangan heran kalau banyak yang kemari adalah keluarga ataupun wisatawan.

Untuk dapat belajar lebih nyaman, saya sarankan untuk memilih yang di jl. kaliurang karena tidak terlalu padat. Tidak perlu sampai waiting list juga. 

Lokasi                       : Jl. Kaliurang Km 15.5, Sleman, Yogyakarta
Menu favorit  saya    : Tempe mendoan, Es spesial raminten, Ayam koteka, Es Krim goreng, Tom Yam Seafood
Budget                      : 27k - 70k
Tempat duduk favorit : Lesehan
Rata-rata menghabiskan waktu disini: 3 jam
Fasilitas                     : 
Tips                          : Duduk di lesehan dekat air kolam... Bawa colokan, Sedia paket internet sendiri. Sabar menunggu pesanan datang.

4. Rumah Coklat

Kalau sedang ingin sendirian saja, saya memilih rumah coklat sebagai tujuan  untuk mengerjakan tugas. Pengunjung di Rumah Coklat cenderung mengobrol dengan volume suara yang rendah. Mungkin karena tempatnya yang juga terkesan sempit. Selain itu, banyak juga mereka yang mengerjakan tugas sendirian, jadi ya tidak merasa sendiri-sendiri amat lah. 

Lokasi                       : Jl. Cik Di Tiro No. 19, Yogyakarta
Menu favorit saya     : Pancake vanilla, hot hazelnut.
Budget                      : 15 k - 35k
Tempat duduk favorit :Everywhere
Rata-rata menghabiskan waktu disini: 2 - 2.5 jam
Fasilitas                     : 
Tips                            

5. Dunkin Donut
Tempat lain yang juga enak untuk dinikmati sendiri adalah Dunkin Donut. Yep! walaupun pada akhirnya bakal disusulin sama temen-temen lain. Enaknya di Dunkin donut ini adalah jam bukanya yang 24 jam. Tapi saya pernah kemari sekitar jam 7 kurang (karena ngejar target skripsi) outletnya baru aja buka. Maklum, dulu hampir seminggu dua kali ke dunkin donut. Malah pernah tiga hari berturut-turut kemari karena deadline skripsi.

Selain itu, di dunkin donut juga banyak banget mahasiswa atau pengunjung yang rata-rata lagi ngerjain tugas. Kalaupun enggak, biasanya sedang ketemu klien ataupun rekan bisnis.  Jadi, academic vibes nya kerasa deh

Lokasi                       : Jl. Kaliurang km 5.5 No. 36
Menu favorit             : Honey glazed, honey dipped. dan lainnya
Budget                      : 2 donat (18k) + beverage 25 k / pernah sampai 90k karena beli promoan.

Tempat duduk favorit : Sofa, kalau perginya ramai bareng temen atau lagi sakit dan nggak tahan AC baru di smoking area.

Rata-rata menghabiskan waktu disini: 4 - 10 jam. Percaya gak? 
Fasilitas                     : Mushola, Toilet bersih, AC, TV, parkir luas. 
Tips                            : Datang pagi dijamin sepi. Kalau kpoper, lumayan bisa sambil nonton acara music show kpop gitu. Bawa kabel extension. Kalau bosen sama acara tvnya, minjem remote sama karyawannya biasanya dibolehin. Kalau malem lebih bising, jadi ya sabar aja. 

6. Platinum Internet Cafe
Pertama kali diajak kemari sama UNCLE. Dulu mikirnya yang namanya internet cafe, warnet atau apalah itu adalah tempat negatif yang isinya nggak baik dan cuma ngegaming doang. Rupanya, I am totally wrong. Di Platinum Internet Cafe rata-rata lagi serius nugas. 

Asiknya lagi, disini kita bisa pesan makan dan minum. Karena bukanya 24 jam, sampai ada yang nginap disini lho.

Untuk menikmati faslitas internet disini, kita harus membeli voucher terlebih dahulu. Kita juga bisa meminjam aksesoris lain seperti headset dan mouse dengan menunjukkan kartu identitas. 

Lokasi                       : Jl. Kaliurang km 5.5 ; Diatas Hokben
Menu favorit   saya   : Mi Goreng (yang cepet jadinya)
Budget                      : 8k (1jam) - 30k.. Nggak pernah lebih dari segitu sih.
Tempat duduk favorit : Kalau lagi mood di smoking area. Kalau lagi kebanyakan yang ngerokok, di dalem. Tapi adem banget ACnya
Rata-rata menghabiskan waktu disini: 3 - 6 jam
Fasilitas                     : Toilet, FILM, Drama Korea, Lagu, 
Tips                            : Datang jangan lewat dari maghrib. Karena bakal rame


Sebenarnya masih banyak sekali kafe & resto yang cukup sering dikunjungi mahasiswa Jogja untuk mengerjakan tugas. Semoga daftar diatas menjadi bagian dari referensi kalian ya. 

Share:

0 komentar

Any Comment?