Dari Kota Industri ke Kota Pelajar

Ternyata masih ada yang menanyakan keberadaan saya sekarang pasca kelulusan sekolah menengah. Baik melalui facebook, twitter, maupun pesan singkat. Seperti teman-teman sekolah saya yang bertanya "Kamu dimana sekarang ?" atau "Kakak dimana ? kok jarang kelihatan?" Tanya adik-adik junior saya yang ada di organisasi, bahkan juga keluarga jauh saya yang bertanya "Sekarang kuliah atau kerja?".

Well, sekarang saya sudah tidak di Batam. Saat ini saya tengah menempuh pendidikan di Yogyakarta. Kurang lebih sudah tiga bulan saya tinggal di sini terhitung sejak bulan Agustus.

For information, Selama itu saya belum sempat menjelajahi Jogja. Paling mentok juga Malioboro. Kegiatan saya lebih sering di kamar, beres-beres, dekor, dan baca buku. Ke Jogja saya tidak membawa buku-buku. Di rak hanya ada beberapa novel pinjaman, dan buku-buku yang saya beli di shopping center.

New stuffs and my lovely turtle, Arok

Soal makan jangan ditanya. Di Jogja berserakan warung makan mulai dari harga mahasiswa sampai harga bintang lima. Kalau sibuk kuliah trus pakaian kotor menumpuk dan nggak sempet nyuci juga tinggal dilaundry. Tempat laundry banyak disini.

Namun hal yang saya rasa paling sulit didapat di Jogja adalah transportasi umum. Yang familiar bagi saya cuma trans Jogja. Angkutan umum lainnya ada yang mirip seperti DePe di Batam tapi versi 80-an, rengsek gitu. Ditambah harus menunggu lama kalau mau naik angkutan umum entah karena terbatas jumlahnya atau apa. Sangat menyusahkan bagi pelajar yang tidak mempunyai kendaraan sendiri seperti saya.

Berbeda dengan Batam yang angkutan umumnya bervariasi dan dengan rute beragam. Saking banyaknya, kadang keri dan DePe itu sampai rebutan penumpang.

Aneh. ya awalnya memang merasa aneh tinggal di tempat baru. Masih ada perasaan nggak rela meninggalkan kota Batam. Lagipula, sejak kecil saya tidak pernah berniat kuliah di Jogja. Malah kalau bisa saya mau daftar poltek Batam aja. Tapi gimana dong, dapat takdirnya di Jogja :p

Banyak orang yang bilang pergaulan pelajar di Jogja itu bebas. Saya sampai diwanti-wanti sama kakak senior supaya jaga diri, jaga pergaulan. Begitu juga dengan orang tua yang memberikan kepercayaan penuh kepada saya.

Beruntunglah selama disini belum pernah saya temukan bentuk-bentuk pergaulan bebas itu. Mungkin karena saya memang masih jarang keluar. Saya lebih senang menghabiskan waktu di perpustakaan atau di dalam kamar.

Yah, semoga selama di Jogja saya bisa menjaga kepercayaan orang tua dan tidak neko-neko. Lagian tujuan saya kesini kan jelas, untuk belajar :)

Share:

4 komentar

  1. eehh embak pindah ke jogja? WAAH BARU TAU:D

    emang mbak transport umum susah carinya._. kecuali kalo di tempat2 kayak pasar atau sekolahan. dan emang agak bobrok._. tapi kalo aku tau sih lumayan banyak, cuman rutenya yang aku gak tau:D paling enak ya trans jogja, tp belum banyak armadanya.

    ayo kapan2 maiinnn;))) eh kalo soal pergaulan bebas di jogja sih, kalo menurut aku ada tapi nggak keliatan._. dan aman2 aja:D orang jogja kebanyakan baik2 ramah2 kok;)malah jogja seratus persen mending daripada jakarta, disini club2 dsb itu ada cuman ga terlalu populer:) kalo buat kalangan umum sih. kecuali kalo emang mainnya sama anak2 yang kalangan nya pergaulan bebas, suka main ke club, dsb.

    malah kalo aku denger di batam pergaulannya bebas banget x.x tp gatau belum pernah tinggal disana.
    tenang aja mbak:D

    coba deh sekali2 jalan2 keluar, banyak tempat2 bagus, sekalian cari temen juga:-) di jogja kalo mau jalan2 enak ;) oiya, mbak kos dimana?

    ReplyDelete
  2. @Ratri males login:D Penjelasanmu keren sekali Ratri (y)

    Iya deh entar jalan" keluar. Kamu jadi tour guide nya :D

    ReplyDelete

Any Comment?