The Last Man Standing "Z-BOT"

HOWDY !! Tanggal 18-19 Februari 2012 kemarin, kami ikutan lomba kontes robot di Politeknik Negeri Batam. Acaranya seru pisan euy dan pastinya penuh dengan cerita-cerita kocak yang nggak terlupakan.

Kontes robot di Politeknik Negeri Batam merupakan agenda tahunan yang udah berjalan 4 tahun. Nama kerennya Polibatam Robotic Contest atau PRC


Duchov, Elya and Gustian from Z-BOT team

PRC 2012 diikuti lebih dari 40 tim. Salah satunya tim kami "Z-BOT". Nggak jelas deh apa maksud namanya. Padahal nama awal tim kami adalah "BIG AS". emang iyaa ?? abaikan!. Bicara soal jadi peserta kontes robot, ini kali pertama saya ikutan PRC setelah dua tahun terakhir cuma bisa jadi penonton. 
Akhirnyaaa tahun 2012 ini bisa cicipin tampil di arena perlombaan. Ditonton banyak orang, disemangatin, sesuatu !! Oke, tema Polibatam Robotic Contest 2012 ini adalah BUNGA PERSAHABATAN ......

logo PRC 2012

Jadi robot membawa bunga selama perjalanan dan harus memasukan bunga ke dalam lubang pot setelah sebelumnya memadamkan lilin. Nah lo, ngerti nggak ?? 

Terus gimana hasil lombanya ??

Saya bersyukur bisa satu tim dengan gustian yang orangnya punya sifat optimis dan selalu berkata 'pasti bisa'. Itu kebukti dengan semua babak pertandingan yang kami lewati berjalan lancar. Contohnya, robot kami hampir tidak pernah melakukan retry alias berjalan mulus. 

Walaupun kendalanya motor kipas untuk memadamkan lilin nggak berfungsi, toh robot Z-BOT bisa memenangkan semua pertandingan sampai masuk 8 besar and never lost !

robot Z-BOT

Sampai pada akhirnya yang tersisa dari tim elektronika cuma robot Z-BOT yang bisa menembus 8 besar. Itulah kenapa postingan ini judulnya "The Last Man Standing". Uhhmmm, agak terlalu heroik sih. Tapi kurang lebih itulah yang bisa menggambarkan si Z-BOT ini.

Dan Beneran deh, perjuangannya terasa banget dimana ketika semua tim elektronika bahu-membahu menangani masalah motor kipas. Ngurusin program sampai bener supaya ada wakil elektronika yang masuk semi final.


tim elektronika yang keren dan semangat
gw paling cantik. Hahaha -_-

Sayangnya, Z-BOT nggak bisa menyelesaikan lintasan di 8 besar. Karena nggak kuat melewati tanjakan. Padahal udah disemangatin lho. Sampai suasana arena panas. Hahahah, sumpah seru gila' !

Finally, juara 1 dan 2 diraih SMKN 1 Batam jurusan Mekatronika.

Pemenang

Tapi tunggu dulu, Z-BOT nggak terlalu mengecewakan karena rupanya mendapatkan penghargaan sebagai "BEST STRATEGY". Huehehehe, kira-kira kriterianya apa yaah.



DAFTAR PEMENANG PRC 2012 "BUNGA PERSAHABATAN" POLITEKNIK NEGERI BATAM :

- Juara I - NTH Chevrolet (SMKN 1 Batam)
- Juara II - Amoba  (SMKN 1 Batam)
- Juara II - Robotic Genzi (SMK 1 Bintan)
- Harapan I - Champion Star (SMKN 1 Batam)

- Best spirit : Android SMAN 1 Batam
- Best design: The Revenger SMK 1 Batam
- Best strategy : Z-Bot SMK 1 Batam
- Best inovation : 2 in 1 SMA Kartini 


Ini gambar gw sama Gustian yang dipampang di blog Himpunan Mahasiswa Elektro Politeknik batam. Fotonya di ambil pas Z-BOT mau tanding di 16 besar lawan otomotif . Hahaha, lawak banget deh. gw inget waktu mau di poto gw agak risih gitu. Trus gw bilang "harus ya di poto segala ??". Kakak yang megang kamera cuma senyum-senyum. Kak Bombat ngelirik-ngelirik. -end



FACT

Ada beberapa fakta yang terjadi selama 2 hari pertandingan.

1. Tempat Tim kami satu-satunya tim elektronika yang terpisah dari tim elektronika yang lain.

2. Pertandingan pertama di round zone, tangan gustian gemetaran waktu persiapan 30 detik, jadi gw pegang deh tangan dia supaya nggak gemeteran lagi. 

3. Z-BOT menyelesaikan lintasan round zone selama 27 detik.

4. Gustian selalu kebalik masang baju pertandingan. Alhasil dia jadi panik dan bikin tim kami lelet masuk arena lintasan.

5. Sangking gugup dan kebalik-balik masang baju pertandingan, gw harus turun tangan masangin baju ke dia. Hahaha -,-

6. Kalau ada panitia yang nyari-nyari tim Z-BOT sambil teriak-teriak, gw selalu sok nggak denger dan nggak tahu. Ntar kalau si panitia udah keliatan capek baru gw teriak "kak, saya tim Z-BOT". Panitianya langsung masang tampang lemes + jengkel. Whuahaha

7. Jujur, pas pertandingan pertama round zone gw gugup karena anak-anak kelas pada nonton.

8. Salah satu strategy yang di sampaiin gustian adalah nyuruh gw bilang give up kalau robot udah naruk bunga.

9. Z-BOT cuma 2 kali melakukan retry selama kontes robot PRC 2012. atau 3 yaa ?? lupa. pokoknya satu babak aja yang ada retrynya. Selebihnya mulus.

10. Lawan pertama yang kami kalahkan di battle zone adalah dari Bintan. Yang akhirnya mereka menang juara 3. Hahaha, 

11. Hari pertama pertandingan, gw pulang jam setengah 10 malam. 

12. Z-BOT berhenti di tempat waktu ada tanjakan di battle zone 8 besar. Sampai semuanya teriak "naik ! naik! naik!" dan si robot tetap diam di tempat.

13. waktu mau lawan kaskuser, pertandingan di cancel. Gustian langsung balik dan cabut kabel power robot sampai mau putus. Beberapa detik di panggil lagi sama panitia, "Z-BOT bersiap-siap melawan incredible" "kapan kak ?" tanya gw. "sekarang" kata panitia. *gw cengo. *Gustian panik tingkat dewa. Sampai udah mau masuk arena, si Gustian sibuk nyari solder dan muter-muter gaje -,- . untung ada tim elektronika yang ngebantu.

14. Perasaan, selama lomba gw sibuk nanya ke panitia soal  jadwal pertandingan.

15. Beberapa saat setelah semua tim elektronika kalah, Dicky ngomong sambil teriak. Semua panitia langsung ngalihin perhatian ke kami. Gw cengengesan ke kak Alam yang masang tampang penasaran "hehehe, kirain serius" katanya. *Contoh orang yang nggak pernah denger suara Dicky.

16. Habis pertandingan, gustian sama Duchov lupa balikin bunganya. Penjaga garis lapangan langsung sibuk nyari-yari.

17. Tahu nggak sih, salah satu lagu backsound untuk pertandingan PRC 2012 adalah Mr. Simple nya super junior dan Super Girl nya SUJU-M !!


Sekian dulu cerita tentang lomba kontes robot di polibatam robot contest. Berharap bisa nonton PRC tahun depan. Selamat untuk pemenang, terimakasih untuk semua yang telah membantu, untuk panitia yang udah nyelenggarain acara, and for someone. hahahaa. good luck !

Share:

2 comments

  1. nice... :D
    setau aku sih z-bot itu kecerdasan buatan yang di program buat maenin aplikasi texas holdem poker... (z-bot alpha)... hohoho

    ReplyDelete

Any Comment?